MOTIVASI SISTEM INFORMASI

Assallamuallaikum, wr, wb


Perkenalkan nama Saya :

Nama  : Rinaldy Ahmad Naufal
Nim     :161011700063

      Pada awalnya setelah lulus dari sekolah menengah atas, hal pertama yang saya lakukan adalah proses kebingungan karena tak tahu harus memilih jurusan sekolah tinggi apa yang akan saya tekuni. Pikiran saya waktu itu adalah bagaimana cara memilih agar sesuai kemampuan dan keikhlasan batin dari diri sendiri serta mau mengembangkan kemampuan tersebut.

      Alhamdulillah saya mengikuti tes dan masuk ke bagian system informasi. Banyak pengalaman disini yang saya dapatkan mulai dari pemikiran dewasa, terstruktur konsepnya, hingga pemikiran jangka panjang. Selain itu kita mendapat teman yang juga adalah harta kita pada masa depan untuk dijadikan peluang channel kerja. Teman kampus juga berbeda dengan teman masa sekolah, disini kita menemukan banyak watak yang belum kita temui sebelumnya karena biasanya mereka dating dari daerah yang tidak kita kenal. Selain itu pemikiran mereka bisa memotivasi untuk bersaing secara sehat dan mendorong yang dibawah untuk menjadi diatas.

    Yang saya dapatkan mengapa saya memilih jurusan system informasi ini adalah jurusan ini merupakan pembelajaran mengenai teknologi. Teknologi merupakan aktivitas yang akan terus berkembang dari waktu ke waktu dan sangat dibutuhkan bagi semua lapisan masyarakat. Berbicara tentang teknologi, pastilah berbicara mengenai computer, persiapkan diri kalian tentang hal yang berbau computer dan kembangkan terus pemahaman logikanya. Logika sangat dipakai dalam pembelajaran ini karena banyak yang akan dipelajari seperti memahami Bahasa mesin yang akan diartikan ke dalam bahasa manusia, begitu pula sebaliknya.

      Tak perlu khawatir mengenai pekerjaan, peranan sistem informasi sangat dibutuhkan di semua bidang. Perusahaan pasti membutuhkan pekerja yang ahli dalam bidang computer, entah dalam merancang sebuah system, mengelola database, atau membuat aplikasi untuk suatu proyeknya. Walaupun begitu, tidak jarang juga pekerja yang akhirnya bekerja tidak pada jurusan awalnya. Mereka yang lebih memilih jalan menjadi pengusaha, akuntan, dan sebagainya bukan berarti salah memilih jurusan, pemikiran dimasa perkuliahan akan membentuk ide baru yang berbeda dari biasanya dan akan menentukan jalan sukses kehidupan seseorang.

      Target utama dari perkuliahan jurusan sistem informasi adalah membentuk sebuah mahasiswa / mahasiswinya menjadi sistem analis. Tak heran jika nanti dalam perkuliahannya kita akan disajikan tentang bahasa bahasa pemrograman dan akan mengkaji nya satu satu tenyang valid atau tidaknya program tersebut. Berbeda dengan mahasiswa teknik informatika yang lebih ke pembuatan hardware, software, bahkan aplikasi. Pejuang sistem informasi lebih mengutamakan jangka panjang karena kita yang akan memikirkan sebuah sistem dibentuk dan berapa lama masa ketahanannya. Selanjutnya pembuatan hardware kita beri kepada jurusan teknik informatika.

      Demikian pengalaman saya mengenai perkuliahan tentang jurusan informasi. Bagi kalian yang ingin memasuki sekolah tinggi dan terjamin bisa memilih seperti jurusan komputer, karena pada dasarnya sebuah teknologi pasti akan terus dicari dan dikembangkan. Lalu saran saya selanjutnya adalah gunakan hati nurani. Apabila kalian telah memasuki pilihan yang dipilih, ikhlaslah dalam menjalankannya, tekuni serta pelajari isinya. Jangan mengeluh adalah kunci kesuksesan jangka panjang. Mohon maaf apabila ada salah kata yang kurang berkenan. Terimakasih.

Komentar

Postingan Populer